Cara Mengetahui Ciri-ciri Aki Mobil Rusak dan Harus Diganti.

Cara Mengetahui Ciri-ciri Aki Mobil Rusak dan Harus Diganti.

Ciri-ciri Aki Mobil Rusak. Aki merupakan komponen utama yang harus selalu dalam keadaan fit dalam sebuah kendaraan, terutama pada kendaraan jenis mobil, baik itu mobil penumpang atau mobil pengangkut barang. Karena peran aki sangat vital terutama digunakan untuk menyalakan mesin pertama kali, atau dengan istilah lain untuk menghidupkan sistem starter. Untuk itu anda harus selalu merawat dan mengetahui keadaan dari aki mobil yang anda gunakan agar tidak terjadi kerepotan saat mobil hendak dihidupkan mesinnya atau saat menempuh perjalanan jauh. Sebenarnya semua hal tersebut tidak perlu terjadi jika anda dapat mengetahui gejala awal atau tanda-tanda dari aki yang sudah rusak. berikut ini autoguidance akan memberikan informasi seputar dunia otomotif tentang mengetahui ciri-ciri Aki yang sudah rusak dan anda harus menggantinya.

Ciri-Ciri Aki Rusak.

  1. Mesin Tidak Kuat Distarter. gejala ini dapat anda lihat pada mobil yang setelah beberapa jam tidak hidup. sebagai contoh mobil yang anda parkir di garasi rumah semalaman, tentunya mesin mobil mati. Nah pada waktu pagi hari ketika hendak distarter mesin tidak kuat untuk berputar. Artinya kasus ini disebabkan oleh sumber listrik dari aki tidak mampu untuk memutar dinamo starter. Namun anda dapat mengatasi hal ini dengan cara memberikan sedikit dorongan pada mobil untuk menyalakan mesin. Pada saat mesin hidup beberapa jam, maka sistem pengisian akan mencharge atau mengisi aki, sehingga untuk waktu seharian anda masih dapat melakukan starter pada mesin. Tetapi setelah anda diamkan mobil dengan mesin yang mati dalam waktu yang cukup lama sebagai contoh didiamkan semalaman, pada esok harinya mobil tidak kuat distarter lagi. Dalam mendiagnosa ini tentunya perlu anda perhatikan, bahwa kasus diatas tadi dengan keadaan dimana posisi air aki normal berada pada lower level dan upper level di semua sel aki.
  2. Umur atau usia Aki. Hal ini juga menjadi pertimbangan penting bagi anda untuk memperhatikan kesehatan dari Aki, karena semakin lama umur dari Aki tentunya akan beresiko rusak atau soak. Hal ini terjadi karena kemampuan sel dalam waktu yang sudah lama tidak lagi mampu menyimpan stroom atau listrik dalam jumlah yang banyak dan waktu yang lama. Sebenarnya hal ini adalah relatif, karena juga banyak hal yang mempengaruhinya. Sebagai contoh perawatan aki untuk aki jenis basah.
  3. Muncul Bau menyengat pada Aki saat mesin nyala..

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Nama - nama dan fungsi Sensor Pada Mobil Avanza, Xenia, Rush dan Terios.

Inilah Peredaan Toyota Sienta Type Q dan Toyota Sienta Type V

Begini Cara Tepat Mengatasi Mobil Mogok Karena Tidak Bisa Distarter.